the Hubungan antara Kepuasan dengan Loyalitas Pelanggan di Apotek Olivia Jakarta Utara Bulan Desember 2024
DOI:
https://doi.org/10.54445/pharmademica.v5i1.95
Abstrak View:
11
PDF downloads:
9
Kata Kunci:
Kepuasan , Loyalitas, Apotek OliviaAbstrak
Meningkatnya jumlah apotek dalam kurun waktu terakhir telah memperkuat kompleksitas persaingan di sektor farmasi, terutama dalam konteks era digital yang memungkinkan masyarakat untuk dengan mudah mengakses informasi komparatif mengenai produk dan layanan antar institusi kesehatan. Dalam kerangka layanan kesehatan yang bermutu, kepuasan pelanggan menjadi indikator penting yang mencerminkan sejauh mana kualitas layanan mampu memenuhi ekspektasi pengguna. Berdasarkan literatur manajemen layanan, terdapat pengaruh signifikan dari kepuasan pelanggan terhadap tingkat loyalitas, karena individu yang merasakan nilai yang sesuai dengan harapan mereka cenderung menunjukkan perilaku repetitive purchase dan rekomendasi sosial dalam jangka panjang. Oleh karena itu, peningkatan nilai dan kualitas pelayanan menjadi faktor kunci dalam membangun hubungan pelanggan yang berkelanjutan. Penelitian ini dirancang untuk mengeksplorasi hubungan antara tingkat kepuasan pelanggan dengan loyalitas di lingkungan Apotek Olivia, Jakarta Utara. Pendekatan yang diterapkan bersifat kuantitatif deskriptif, dengan metode simple random sampling terhadap sejumlah 314 responden sebagai subjek penelitian. Analisis statistik mengungkapkan bahwa koefisien korelasi tercatat sebesar 0,596 serta p-value = 0,000 (p < 0,01), yang menandakan keberadaan hubungan positif dan signifikan secara statistik pada tingkat korelasi bersifat sedang. Temuan ini secara empiris mendukung hipotesis bahwa tingkat hasil positif dari kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Kesimpulan studi menegaskan bahwa kepuasan pelanggan bukanlah variabel terpisah, melainkan merupakan elemen strategis yang menjadi faktor dasar pengambilan keputusan dalam perencanaan program peningkatan layanan. Dengan memfokuskan upaya peningkatan kualitas layanan secara komprehensif, Apotek Olivia dapat secara sistematis membangun loyalitas pelanggan jangka panjang sebagai bentuk keunggulan kompetitif di tengah dinamika persaingan yang semakin ketat.
Unduhan
Referensi
Adinurani, P. G. (2022). Statistika non parametrik. Pustaka Pelajar.
Dahlan, M. S. (2024). Statistika untuk kedokteran dan kesehatan (6th ed.). Epidemiologi Indonesia.
Gultom, D. K., Arif, M., & Fahmi, M. (2020). Determinasi kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepercayaan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), 171–180. DOI: 10.30596/maneggio.v3i2.5290
Handayani, G. N. (2020). Kualitas pelayanan kefarmasian dan kepuasan pasien. Media Nusa Creative.
Herrin, N. N. P., & Mashariono. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan, harga dan lokasi terhadap loyalitas pelanggan Apotek Nindya Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 8(8), 1–16.
Hidayat, R., Sinuhaji, E., Widyaningrum, M., Erdiansyah, & Adrianto. (2018). Factors that affect students decision to choose private universities in Medan City Indonesia. Academy of Strategic Management Journal, 17(6), 1–8.
Indrasari, D. M. (2019). Pemasaran dan kepuasan pelanggan. Unitomo Press.
Jakarta, BPS DKI. (2022). Jumlah fasilitas kesehatan di Provinsi DKI Jakarta, 2020–2021. Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta. https://jakarta.bps.go.id/id/statistics-table/2/NTI5IzI=/jumlah-fasilitas-kesehatan-di-provinsi-dki-jakarta.html
Munisih, S., & Soliha, E. (2015). Pengaruh kualitas produk terhadap nilai pelanggan dan kepuasan pelanggan dan dampaknya pada loyalitas pelanggan Apotek Dela Semarang. Prosiding Seminar Nasional & Call for Paper Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Stikubank Semarang, 2(1), 1–16.
Nurkariani, N. L. (2022). Pentingnya kepuasan konsumen untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Artha Satya Dharma, 15(1), 27–32. https://doi.org/10.55822/asd.v15i1.238
Nugroho, D. I. (2020). Rumus menangkan persaingan bisnis [Video]. YouTube. https://www.youtube.com/watch?v=oacS3LiS2y4
Pratondo, K., Zaid, Z., & Aziti, T. M. (2024). Memperoleh loyalitas pelanggan di ritel farmasi (Apotek K-24) melalui kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan. Management and Entrepreneurship Journal, 7(1), 22–31. https://doi.org/10.56244/manners.v7i1.796
Priyoto. (2014). Teori sikap & perilaku dalam kesehatan dilengkapi contoh kuesioner. Nuha Medika.
Putri, D. R. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan kefarmasian terhadap kepuasan, kepercayaan, & loyalitas konsumen apotek. Indonesian Journal for Health Sciences, 1(1), 23–29. https://doi.org/10.24269/ijhs.v1i1.381
Republik Indonesia, Menteri Kesehatan. (2017). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2017 tentang Apotek.
Rohana, T. (2020). Pengaruh kepuasan terhadap loyalitas pelanggan. Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 8(1), 28–32. https://doi.org/10.35126/ilman.v8i1.55
Subawa, I. G. B., & Sulistyawati, E. (2020). Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(2), 718–732. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i02.p16
Sudarsono, H. (2014). Manajemen pemasaran. Pustaka Abadi.
Syah, A. (2021). Manajemen pemasaran kepuasan pelanggan. Widina Bhakti Persada.
Triputra, J., Kadarisman, S., Rahmiyati, A. L., Rulia, & Paramarta, V. (2024). Pengaruh kualitas layanan pada kepuasan pelanggan yang berimplikasi terhadap loyalitas pelanggan. Journal of Social Science Research, 4(5), 8415–8435.
Utara, BPS Jakarta. (2022). Jumlah apotek menurut kecamatan, 2020. Badan Pusat Statistik Kota Jakarta Utara. https://jakutkota.bps.go.id/id/statistics-table/2/Njc5IzI%3D/jumlah-apotek-menurut-kecamatan.html
Widi, S. (2022). Berapa jumlah apotek di Indonesia? DataIndonesia.id. https://dataindonesia.id/kesehatan/detail/berapa-jumlah-apotek-di-indonesia
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Bayu Dwi Handono, Umul Angga Brahmono, Yoyoh Yoyoh

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.