Korelasi Pengetahuan Gizi dan Status Gizi pada Siswa Kelas 1 di SD Muhammadiyah 1 Kota Malang
DOI:
https://doi.org/10.54445/pharmademica.v5i1.93
Abstrak View:
66
PDF downloads:
18
Kata Kunci:
pengetahuan gizi, status gizi, anak sekolahAbstrak
Sangat penting bagi anak usia sekolah untuk mendapatkan gizi yang baik karena berdampak pada konsentrasi belajar, kemampuan kognitif, pertumbuhan, dan sistem kekebalan tubuh. Salah satu cara untuk menentukan seberapa baik gizi anak adalah dengan mengetahui tentang nutrisi mereka. Namun, tidak banyak penelitian yang secara khusus menyelidiki hubungan antara status gizi dan pengetahuan gizi siswa yang baru masuk ke sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki hubungan antara status gizi dan pengetahuan gizi siswa di kelas 1 SD Muhammadiyah 1 di Kota Malang, Jawa Timur. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli 2025 dan menggunakan desain observasional dengan pendekatan potong lintang (cross-sectional). Seluruh siswa kelas satu di SD Muhammadiyah 1 Kota Malang termasuk dalam sampel penelitian. Komite Etik Universitas Negeri Malang telah memberikan izin penelitian ini (nomor: 01.07.09/UN32.14.2.8/LT/2025). Status gizi siswa diukur melalui rerata berat badan (BB) dan tinggi badan (TB), yang dikonversi menjadi indeks IMT/U. Tidak ada korelasi yang signifikan secara statistik antara pengetahuan gizi dan status gizi siswa (r=0,071, p>0.05). Hasilnya menunjukkan bahwa kebiasaan keluarga, lingkungan sosial, dan aksesibilitas makanan mungkin lebih banyak memengaruhi perilaku makan anak daripada pengetahuan gizi mereka.
Unduhan
Referensi
Agustin, F., Fayasari, A., Dewi, G. K. (2018). Pengetahuan, sikap, dan perilaku gizi seimbang terhadap status gizi lebih pada pegawai Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso Jakarta Utara. Ilmu Gizi Indonesia. 1(2), 93-103.
Amira, K. A., Setyaningtyas, S. W. (2021). Pengaruh edukasi gizi terhadap pengetahuan dan sikap anak sekolah dasar dalam pemilihan jajanan sehat: literature review. Media Gizi Indonesia. 16(2), 130-138. https://doi.org/10.204736/mgi.v16i2.130–138.
Briawan, D. (2016). Perubahan Pengetahuan, Sikap, dan Praktik Jajanan Anak Sekolah Dasar Peserta Program Edukasi Pangan Jajanan. Jurnal Gizi dan Pangan, 11(3), 201-210. https://journal.ipb.ac.id/index.php/jgizipangan/article/view/16455/12074.
Elsera, C. (2016). Tingkat pengetahuan berhubungan dengan sikap ibu dalam toilet training pada toodler. 4(1), 35-38. http://dx.doi.org/10.21927/jnki.2016.4(1).35-38
Kementerian Kesehatan RI. (2019). Laporan Nasional Riskesdas 2018.
Kementerian Kesehatan RI. (2023). Survei Kesehatan Indonesia (SKI) 2023 dalam Angka.
Kementerian Kesehatan RI. (2025). Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) 2024 dalam Angka.
Larasati, A. L., Humairah, A., & Anggraini, S. P. (2023). Edukasi gizi seimbang untuk anak usia sekolah di sdn 014 pekanbaru. JITER-PM (Jurnal Inovasi Terapan - Pengabdian Masyarakat), 1(2), 1-6. https://doi.org/10.35143/jiter-pm.v1i2.6010.
Lathifah, L., Darmin, D., Alkhair, A., Salsabiila, S., Firmasnyah, M., Lestari, E., Oktaviani, Z., Kuswanti, N., & Harija, A. (2024). Hubungan Pengetahuan dan Sikap Tentang 4 Pilar Gizi Seimbang Dengan Status Gizi. urnal romotif reventif, 7(6), 1189-1195. https://doi.org/10.47650/jpp.v7i6.1568.
Melanson KJ. (2008). Nutrition review: Life style approaches to promoting healthy eating for children. Am J Lifestyle Med. 2:26–9.
Naeeni, M. M., Jafari, S., Fouladgar, M., Heidari, K., Farajzadegan, Z., Fakhri, M., Karami, P., & Omidi, R. (2014). Nutritional Knowledge, Practice, and Dietary Habits among school Children and Adolescents. International journal of preventive medicine, 5(Suppl 2), S171–S178. https://doi.org/10.4103/2008-7802.157687.
Safitri, N., Hasanah, L. N. (2025). Pengaruh edukasi gizi seimbang terhadap pengetahuan dan sikap gizi anak sekolah di SD Muhammadiyah Ledok Kulon Progo DIY. Jurnal Kesehatan Tambusai. 6(1), 144-149.
Sari, D. R. (2017). Sikap dan pengetahuan perawat berhubungan dengan pelaksanaan triage. Jurnal Kebidanan, 9(02), 154-164. https://doi.org/10.35872/jurkeb.v9i02.317.
Taufiq, S., Agustina, F., & Fauzi, M. J. (2024). Hubungan Peran Orang Tua Teman Sebaya dan Ketersediaan Makanan dengan Pemilihan Jajanan Siswa Sd (Kecamatan Blang Mangat Kota Lhokseumawe). Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (online), 5(2), 814-822. https://doi.org/10.36312/jcm.v5i2.3816.
Warren E, Parry O, Lynch R, Murphy S. ’If I don’t like it then I can choose what I want’: Welsh school children's accounts of preference for and control over food choice. Health Promot Int. 23:144–51. https://doi.org/10.1093/heapro/dam045.
Widhi, A. S., & Alamsyah, P. R. (2022). Pendidikan gizi terhadap pengetahuan, sikap, dan praktik sarapan pada siswa SMP IT Nurul Fajar Cikarawang. Nutrition Scientific Journal, 1(1), 41–51. https://doi.org/10.37058/nsj.v1i1.5962.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Aprinia Dian Nurhayati, Dzata Ziek Zanieqah, Rizka Silvia

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.