Analisis Hubungan Waktu Tunggu Pelayanan Resep Obat Racikan dan Non-Racikan dengan Kepuasan Pasien di Puskesmas Jambu Kulon
DOI:
https://doi.org/10.54445/pharmademica.v3i1.33
Abstrak View:
949
PDF downloads:
610
Kata Kunci:
kepuasan pasien, puskesmas, waktu tunggu pelayanan resepAbstrak
Salah satu penyebab pasien di puskesmas merasa tidak nyaman dengan proses pemberian obat adalah masalah waktu tunggu. Kepuasan pasien sangat dipengaruhi oleh indikator waktu tunggu pelayanan resep puskesmas. Kepuasan pasien akan meningkat bila semakin cepat waktu pelayanan, terutama waktu yang dihabiskan untuk menunggu obat. Penelitian ini bertujuan mengetahui rata-rata waktu tunggu pelayanan resep obat racikan dan non-racikan, tingkat kepuasan pasien, dan hubungan antara waktu tunggu pelayanan resep obat racikan dan non-racikan dengan kepuasan pasien di Puskesmas Jambu Kulon Kabupaten Klaten. Penelitian ini bersifat kuantitatif corelation dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel secara accidental sampling dengan sampel 60 responden. Pengumpulan data dan informasi responden menggunakan kuesioner yang telah valid dengan range nilai minimum 0,422 hingga maksimum 0,751 dan nilai Crobach’s Alpha sebesar 0,926. Hasil nilai signifikasi yang diperoleh pada resep racikan p= 0,142 dan non-racikan p= 0,702, sedangkan nilai korelasi uji spearman (r) untuk resep racikan -0,274 dan resep non-racikan -0,073 menunjukkan bahwa arah korelasi negatif atau arah hubungan berlawanan, menunjukkan bahwa ada kebalikan dari proporsionalitas antara kedua variabel. Kesimpulan penelitian ini adalah kepuasan pasien dan waktu tunggu pelayanan resep secara statistik tidak berkorelasi secara signifikan (p>0,05).
Unduhan
Referensi
Anggraeni, R. (2019). Mutu Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Arfania, M., Fauziah, D., & Mardiana, L. (2022). Hubungan Antara Waktu Tunggu Pelayanan Resep Non Racikan Dengan Kepuasan Pasien Di Instalasi Farmasi Puskesmas Cikampek Utara. Jurnal Sains Dan Ilmu Farmasi, 7(1), 44–53.
Budiman, A. (2014). Kapitasi Selekta Kuesioner Pengetahuan dan Sikap dalam Penelitian Kesehatan. Jakarta:Salemba Empat.
Dewi, A., & Putri, D. K. (2020). Hubungan Lama Waktu Tunggu Pasien Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Lubuk Begalung. Seminar Nasional Syedza Saintika, ISSN 2775-, 45–54.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. https://doi.org/10.15562/ism.v10i3.428
Hasan. (2014). Hubungan Waiting Time/Waktu Tunggu dengan Kepuasan Pasien di Poliklinik Mata pada Instalasi Rawat jalan di RSUD Tarakan Propinsi Kalimantan Timur.
Hasiholan, H., Hadiwiarjo, Y. H., & Anisah, A. (2020). Hubungan Waktu Tunggu dan Cara Bayar terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Poli Penyakit Dalam Rumah Sakit PGI Cikini Jakarta. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat : Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 131–136. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.84
Ihsan, M., Kurnia Illahi, R., & Rachma Pramestutie, H. (2018). Hubungan antara Waktu Tunggu Pelayanan Resep dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan BPJS terhadap Pelayanan Resep (Penelitian dilakukan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang). Pharmaceutical Journal of Indonesia, 3(2), 59–64. https://doi.org/10.21776/ub.pji.2017.003.02.4
Janah, S. F. (2017). Hubungan Antara Waktu Tunggu Pelayanan Obat Dengan Kepuasan Pasien Di Instalasi Farmasi Rawat Jalan RSUD Kota Madiun Tahun 2017. Skripsi, 1–155.
Karani, M., & Linggardini, K. (2020). Hubungan Pelayanan, Waktu Tunggu, dan Fasilitas dengan Kepuasan Pasien di Balai Pengobatan Puskesmas Kembaran 1. Jurnal Kesehatan, 13(1), 45–52. https://doi.org/10.24252/kesehatan.v13i1.13400
Klawdina, V. (2021). Relationship Between Waiting Time Towards Patient Satisfaction at The Baloi Permai Puskesmans Batam in 2021. Karya Tulis Ilmiah, 33, 77.
Maftuhah, A., & Susilo, R. (2016). Waktu Tunggu Pelayanan Resep Rawat Jalan Di Depo Farmasi Rsud Gunung Jati Kota Cirebon Tahun 2016. Muhammadiyah Cirebon, 39–44.
Maulana, D., Tamrin, R., Alim, A., & Imran, A. (2019). Analisis Hubungan Waktu Tunggu Terhadap Kepuasan Pasien Pada Puskesmas Maccini Sombala. Jurnal Kesehatan, 12(2), 99. https://doi.org/10.24252/kesehatan.v12i2.10483
Menkes. (2008). Menteri Kesehatan Reublik Indonesia Nomor 129/Menkes/SK/II/2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit Menteri Kesehatan Republik Indonesia. 1–55.
Nursalam. (2013). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: APlikasi dalam Praktek Keperawatan Profesional. Jakarta: Salemba Medika.
Prihandiwati, E., Hayati, N., Saputera, M. M. A., & Sari, A. K. (2020). Hubungan Antara Waktu Tunggu Pelayanan Resep Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Di Puskesmas Gambut. Jurnal Insan Farmasi Indonesia, 3(2), 281–290. https://doi.org/10.36387/jifi.v3i2.626
Putri, N. (2017). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Farmasi di Instalasi Farmasi Satelit Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Cilacap. Karya.
Putri, W. A., Riyanta, A. B., & Purwantiningrum, H. (2020). Gambaran Waktu Tunggu Pelayanan Resep Di Puskesmas Tegal Selatan. Jurnal Ilmiah Farmasi, x.
Sara, Y. (2019). Hubungan Lama Waktu Tunggu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Poli Penyakit Dalam di RSUD DR Muhammad Zein Painan Tahun 2019. In Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Perintis Padang.
Wulandari, P., Listiawaty, R., & Hafiz, A. (2020). Hubungan Waktu Tunggu Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas X Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Manusia Dan Kesehatan, 3(2), 265–269.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Apriliya Astuti, Murwati Murwati, Nur Atikah

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.